Waspadai Bahaya Penyakit Asam Lambung Tinggi Pada Ibu Hamil

Waspadai Bahaya Penyakit Asam Lambung Tinggi Pada Ibu Hamil

Waspadai Bahaya Penyakit Asam Lambung Tinggi Pada Ibu Hamil

 Waspadai Bahaya Penyakit Asam Lambung Tinggi Pada Ibu Hamil

Asam lambung ketika hamil -, Walaupun penyakit asam lambung dikategorikan sebagai gangguan kesehatan yang umum dan tidak secara langsung dapat menyebabkan dampak komplikasi serius, namun tahukah Anda ?? Penyakit asam lambung yang diderita oleh wanita yang sedang hamil ternyata patut diwaspadai.

Penyakit asam lambung dapat diperberat oleh peningkatan tekanan dalam perut, salah satunya kehamilan. Seiring membesarnya rahim, lambung bisa tertekan dan apabila klep kerongkongan-lambung kurang berfungsi baik (seperti pada penyakit asam lambung) bisa menyebabkan tercurahnya kembali isi lambung ke mulut.

Umumnya penyakit asam lambung tidak membahayakan janin secara langsung. Namun apabila sampai mengganggu asupan makan dan minum ibu secara signifikan, barulah kondisi ini berpotensi membahayakan janin.

Artikel lainnya :

Saat asam lambung keluar dari mulut, ia melewati kerongkongan dan menggoresnya. Lama-lama lapisan kerongkongan menipis, memicu luka dan perdarahan. Itu sebabnya ibu hamil muntah bercampur darah,” terang Boyke di Klinik Pasutri di bilangan Tebet Timur, Jakarta Selatan belum lama ini. Muntah darah ini membawa dua dampak. Pertama, ibu hamil lebih rentan terinfeksi. Kondisi tubuh lemas. Kedua, janin berpotensi kekurangan nutrisi. Jika kondisi ini dibiarkan, tumbuh kembang janin bisa terhambat.

Apakah asam lambung dapat menghambat kehamilan ?

Asam lambung tidak mempengaruhi kehamilan, tapi kehamilan dapat berpengaruh terhadap asam lambung, jadi seseorang menderita asam lambung bukan berarti tidak bisa hamil, sementara seseorang hamil bisa mempengaruhi asam lambung karena orang hamil napsu makan ada yg bertambah ada juga yang berkurang maka lambung akan terganggu. Source

Apa saja gejala dan tanda dari penyakit asam lambung yang dialami oleh ibu hamil ?

Seperti pada penderita penyakit asam lambung umumnya, penyakit asam lambung yang dialami oleh ibu hamil juga kerap menimbulkan gejala yang hampir sama. Gejala yang paling umum dari penyakit asam lambun pada ibu hamil adalah sensasi terbakar di tenggorokan atau dada bagian atas. Anda mungkin juga merasa mual.

Kapan harus diobati atau kapan harus segera pergi ke dokter ? Anda disarankan pergi ke dokter jika mengalami beberapa gejala seperti :

  • Mulas parah atau nyeri dada.
  • Gejala tidak membaik dengan perubahan gaya hidup atau perawatan.
  • Menderita demam, sakit kepala, mual atau muntah.
  • Tersedak saat Anda makan, mengalami kesulitan menelan, atau merasa seolah-olah makanan “terjebak” di tenggorokan Anda
  • Berat badan menurun
  • Muntah darah
  • Tinja berwarna hitam

Akibat-akibat tersebut tentu tidak baik untuk kesehatan ibu hamil dan juga janinnya. Karena itu, penyakit asam lambung pada ibu hamil harus dicegah. Berikut adalah beberapa cara mencegah naiknya asam lambung pada ibu hamil seperti yang dikutip dari Healthline. Dan bagi Anda wanita hamil yang saat ini juga memiliki penyakit asam lambung, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan selain dengan mengkonsumsi obat asam lambung untuk menghindari komplikasi berbahaya dari penyakit ini :

  • Angkat kepala tempat tidur Anda
  • Berbaringlah di sisi kiri Anda di malam hari
  • Jangan membungkuk setelah makan
  • Jangan merokok
  • Hindari pakaian ketat
  • Makan yogurt atau minum susu
  • Makanlah makanan kecil dan sering
  • Jangan makan terlalu cepat
  • Mengunyah permen karet

Pengobatan rumah dan alami lainnya untuk mengatasi penyakit asam lambung ketika hamil ialah dengan memanfaatkan bahan alami yaitu cuka sari apel. Cuka sari apel, 2-3 sendok teh dalam gelas air 8 ons. Dipercaya bahwa meskipun cuka sari apel bersifat asam, ini membantu menyeimbangkan produksi asam di perut atau menyangga aktivitas asam. Obat alami lain untuk mulas melibatkan penggunaan baking soda (yang merupakan sodium bicarbonate ) untuk menetralkan asam lambung – campurkan satu sendok makan dalam ½ cangkir air dan minum untuk menghilangkan gejala.

Sumber :

  • https://www.suara.com/health/2017/07/04/173334/asam-lambung-saat-hamil-penanganan-amannya-seperti-apa
  • http://health.liputan6.com/read/2160227/cara-cegah-asam-lambung-pada-ibu-hamil
  • https://www.medicinenet.com/heartburn_and_pregnancy/article.htm

Semoga artikelnya bermanfaat, terimakasih 🙂

Baca juga artikel lainnya :

Gejala penyakit asam lambung

Ciri dan gejala penyakit tukak lambung

Posted by Obat Asam Lambung Tinggi Paling Ampuh

Waspadai Bahaya Penyakit Asam Lambung Tinggi Pada Ibu Hamil

Semoga bermanfaat, Lika & share yaa 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial