Waspadai Bahaya & Efek Samping Dari Obat Maag

Waspadai Bahaya & Efek Samping Dari Obat Maag

Waspadai Bahaya & Efek Samping Dari Obat Maag !!!

Waspadai Bahaya & Efek Samping Dari Obat Maag

Bahaya dan efek samping obat maag – Setelah pada artikel sebelumnya pernah kami bahas mengenai antasida yang sering digunakan sebagai pilihan obat maag. Nah pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan bahwa ternyata ” obat maag ” yang sering Anda konsumsi ternyata memiliki efek samping berbahaya.

Benarkah ?

Obat maag merupakan jenis obat yang digunakan untuk membantu mengatasi, mengobati dan menyembuhkan penyakit maag. Bahan kimia yang sering menjadi kandungan dalam obat maag ialah antasida, obat penghambat reseptor histamin-2, proton pump inhibitor (PPI) dan antibiotik.

Seperti yang telah kami jelaskan pada artikel sebelumnya, Antasida adalah kelas obat yang digunakan untuk mengobati kondisi yang disebabkan oleh asam yang dihasilkan oleh lambung. Semua antasida merupakan basa, sehingga akan menetralkan asam.

Artikel lainnya :

Secara alami lambung memproduksi suatu asam, yaitu asam klorida (HCl) yang berfungsi untuk membantu proses pencernaan protein. Antasida bekerja dengan cara menetralkan lambung yang terlalu asam yang menjadi penyebab utama penyakit maag pada sebagian orang.

Penyakit maag sendiri menggambarkan suatu kondisi dimana terjadinya peradangan pada lambung yang disebabkan oleh meningkatnya peningkatkan produksi asam lambung. Proses meningkatkanya asam lambung ini dapat diakibatkan oleh berbagai hal seperti tukak lambung, infeksi bakteri helicobacter pylori, penggunaan obat-obatan tertentu, asupan makanan yang tidak teratur dan lainnya.

Sampai saat ini, penggunaan antasida, obat penghambat reseptor histamin-2, proton pump inhibitor (PPI) dan antibiotik sebagai obat maag memang sering menjadi pilihan pertama jika gejala maag sudah mulai menyerang pada mereka penderita sakit maag. Namun yang harus Anda perhatikan ialah, penggunaan jangka panjang dari obat maag ini tentunya perlu diwaspadai.

Sama seperti jenis obat lainnya, obat maag memiliki efek samping berbahaya diantaranya :

Efek samping obat maag dari bahan dasar antasida

  1. Kram perut
  2. Rasa lemas otot
  3. Tekanan darah rendah
  4. Penekanan proses bernapas
  5. Gangguan keseimbangan elektrolit/ion tubuh
  6. Antasida dapat menyebabkan hyperacidity Rebound.
  7. Antasida yang mengandung aluminium hidroksida dapat menyebabkan sembelit.
  8. Antasida yang mengandung magnesium memiliki efek pencahar yang dapat menyebabkan diare.

Efek samping obat maag dari bahan dasar obat penghambat reseptor histamin-2

Obat-obat ini menempati reseptor histamin-H2 secara efektif disekitar permukaan sel-sel parietal, sehingga sekresi asam lambung dan pepsin berkurang. Cimetidin dan Ranitidin merupakan antihistamin paenghambat reseptor Histamin H2 yang berperan dalam efek histamine terhadap sekresi cairan lambung.

Contoh obat ini misalnya cimetidine (generasi pertama H2 blocker namun mulai ditinggalkan karena memiliki efek samping). Efek samping dari jenis obat maag ini adalah diare, sakit kepala, pusing, kemerahan pada kulit, dan lemas.

Efek samping obat maag dari bahan dasar proton pump inhibitor (PPI)

Proton pump inhibitor (PPI) bekerja dengan cara mengurangi produksi asam dengan menghalangi enzim di dinding perut yang menghasilkan asam. Obat ini adalah salah satu obat yang paling umum digunakan di dunia.

Proton Pump Inhibitor dapat menyebabkan sejumlah efek samping yang tidak nyaman, termasuk infeksi. Para peneliti baru-baru ini merilis sebuah studi yang menunjukkan PPI mungkin memiliki link ke arteri yang rusak . Peningkatan risiko serangan jantung, gagal ginjal dan demensia.

Efek samping obat maag dari bahan dasar antobodi

Antibodi memainkan peran penting dalam sistem kekebalan tubuh. Penggunaan antibodi biasanya diberikan kepada mereka yang memiliki riwayat penyakit maag karena infeksi bakteri helicobacter pylori. Efek samping dari antibiotik ini adalah rasa lemas pada tubuh, diare, dan rasa metalik di mulut.

Itulah beberapa efek samping dari obat maag yang penting Anda perhatikan. Saran kami, jika Anda ingin mengkonsumsi obat maag dari apotek atau warung terdekat, ada baiknya memperhatikan terlebih dahulu cara konsumsi dan kontra indikasi yang terdapat dalam kemasan obat.

Source :

  • http://liatng.blogspot.co.id/2011/05/maag-gastritis-tukak-lambung.html
  • https://www.klikdokter.com/rubrikspesialis/pencernaan-sehat/masalah-pencernaan/adakah-efek-samping-dari-obat-maag

Ingin segera sembuh dari penyakit maag atau berbagai gangguan pada lambung ? Kini telah hadir produk herbal yang aman tanpa efek samping yaitu Obat lambung dan maag herbal ampuh. 100 % herbal yang aman tanpa efek samping dan juga telah banyak dibuktikan khasiatnya oleh konsumen kami .

Info lebih lengkap dapat Anda baca pada link berikut, klik Obat herbal lambung dan maag paling ampuh

Baca juga artikel lainnya :

Bahaya Penyakit Asam Lambung

Jenis Makanan Ini Dapat Menetralkan Asam Lambung Tinggi

Tanaman Obat Tradisional Untuk Radang Lambung ( Gastritis ) Kronis

Posted by Obat Asam Lambung Terbaik

Waspadai Bahaya & Efek Samping Dari Obat Maag

Semoga bermanfaat, Lika & share yaa 🙂

3 Comments

    1. Antasida pada obat maag medis jika dikonsumsi dalam jangka panjang dapat menyebabkan anemia karena menghambat penyerapan berbagai nutrisi penting pembentuk sel darah merah (eritrosit). Konsumsi antasida, terutama yang mengandung kalsium, dapat menghambat penyerapan zat besi di lambung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial