Sesak Nafas, Asam Lambung & Maag

Sesak Nafas, Asam Lambung & Maag

Bagaimana hubungan antara penyakit asam lambung tinggi, maag dan sesak nafas ?

Sesan Nafas, Asam Lambung & Maag

Sesak Nafas, Asam Lambung & Maag – Penyakit asam lambung atau dalam dunia kedokteran dikenal dengan penyakit gerd adalah kelainan pencernaan yang mempengaruhi sfingter esofagus bagian bawah (LES), yaitu cincin otot antara kerongkongan dan lambung.

Banyak orang, termasuk wanita yang sedang hamil bisa menderita sakit maag atau gangguan pencernaan yang disebabkan oleh GERD.

Penyakit gerd sendiri terjadi ketika asam lambung atau kandungan dalam lambung mengalir kembali ke pipa makanan (kerongkongan). Aliran balik ini kemudian mengiritasi lapisan kerongkongan Anda dan menyebabkan GERD.

Beberapa kondisi dapat menggambarkan bahwa Anda menderita penyakit asam lambung dari mulai nyeri dada, mulut yang terasa pahit, suara serak, nyeri tenggorokan, sendawa dan mual.

Lalu, bagaimana dengan sesak nafas ?

Sesak nafas sendiri adalah kondisi yang terjadi ketika seseorang mengalami gangguan ketika bernafas. Ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor dan penyebab, salah satunya oleh penyakit asam lambung dan penyakit maag.

Artikel lainnya :

Kesulitan bernapas adalah salah satu gejala yang lebih menakutkan dari acid reflux dan bentuk kronis dari kondisi ini, yang disebut gastroesophageal reflux disease (GERD) .GERD dapat dikaitkan dengan kesulitan bernafas seperti bronkospasme. Kesulitan-kesulitan ini kadang-kadang dapat menyebabkan komplikasi pernapasan yang mengancam jiwa.

Sesak nafas, juga disebut dyspnea , terjadi karena asam lambung yang menuju ke kerongkongan bisa memasuki paru-paru, terutama saat tidur, dan menyebabkan pembengkakan saluran udara. Hal ini dapat menyebabkan reaksi asma atau menyebabkan pneumonia aspirasi. Kerusakan jalan nafas tersebut dapat mempengaruhi pernapasan dengan menyebabkan batuk atau mengi.

Sementara itu, sesak nafas karena maag merupakan salah satu gejala yang harus segera memperoleh pertolongan medis.

Selain itu, maag juga perlu mendapat pengobatan jika gejala dispepsia terhitung berat, berlangsung terus menerus atau diiringi dengan muntah, penurunan berat badan, tidak nafsu makan, kuning pada mata atau kulit, warna tinja menjadi lebih gelap, berkeringat, atau munculnya rasa sakit di dada yang dapat menjalar ke arah rahang, lengan dan leher saat berupaya melakukan aktivitas yang cukup berat.

Dan memang benar, ternyata sesak nafas dapat terjadi sebagai akibat dari penyakit asam lambung tinggi atau penyakit maag. Semoga artikelnya bermanfaat 🙂

Sumber :

  • https://www.healthline.com/health/gerd/shortness-of-breat
  • hhttp://www.alodokter.com/waspadai-sesak-nafas-karena-maag-atau-serangan-jantung

Baca juga artikel lainnya : Cara menyembuhkan lambung bocor secara alami

Posted by Obat Asam Lambung Herbal Tinggi

Bagaimana hubungan antara penyakit asam lambung tinggi, maag dan sesak nafas ?

Semoga bermanfaat, Lika & share yaa 🙂

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial