Penyakit Asam Lambung Tidak Menyebabkan Hipertensi

Penyakit Asam Lambung Tidak Menyebabkan Hipertensi

Penyakit Asam Lambung Tidak Menyebabkan Hipertensi

Penyakit Asam Lambung Tidak Menyebabkan Hipertensi

Jika saat ini Anda sedang mencari informasi mengenai hubungan antara penyakit asam lambung ( gerd ) dengan tekanan darah tinggi ( hipertensi ), Anda berada di webiste yang tepat karena www.ObatAsamLambungTerbaik.com akan membahas hubungan antara ke-2 jenis penyakit ini secara jelas.

Baca juga : Cara mengobati penyakit gerd dengan cepat

Dan benarkah asam lambung tinggi dapat menyebabkan seseorang menderita penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi ? Let’s find out …

Dilansir dari laman livestrong.com, kelebihan asam lambung tidak menyebabkan tekanan darah tinggi. Ke-2 jenis penyakit ini dapat terjadi karena faktor yang hampir sama yaitu kelebihan berat badan atau obesitas. Produksi asam lambung biasanya menurun seiring bertambahnya usia, sementara risiko hipertensi meningkat seiring bertambahnya usia.

Penyakit asam lambung

Penyakit asam lambung atau dalam dunia medis lebih dikenal sebagai penyakit gerd adalah kelainan pencernaan yang mempengaruhi sfingter esofagus bagian bawah (LES), cincin otot antara kerongkongan dan lambung. Kondisi ini terjadi ketika asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan yang kemudian mengiritasi lapisan kerongkongan Anda dan menyebabkan GERD.

Karena termasuk ke dalam penyakit umum, penyakit asam lambung ini dapat diketahui dengan sangat jelas ciri dan gejala-gejalanya, seperti :

  • Rasa terbakar di dada Anda (mulas), terkadang menyebar ke tenggorokan Anda, disertai rasa asam di mulut Anda
  • Sakit dada
  • Kesulitan menelan (disfagia)
  • Batuk kering
  • Suara serak atau sakit tenggorokan
  • Sensasi benjolan di tenggorokan Anda

Lalu, bagaimana dengan penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi ?

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah jenis penyakit yang dapat mempengaruhi kesehatan dalam jangka waktu panjang. Kondisi ini terjadi saat tekanan darah Anda meningkat ke tingkat yang tidak sehat. Hipertensi umumnya merupakan kondisi diam. Banyak orang tidak akan mengalami gejala apapun. Mungkin butuh waktu bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun untuk mencapai tingkat yang cukup parah sehingga gejala menjadi jelas. Di bawah ini beberapa gejala dan ciri dari penyakit darah tinggi, diantaranya :

  • Sakit kepala atau pusing
  • Mual dan muntah
  • Mimisan dan mati rasa serta kesemutan

Lebih lanjut laman livestrong.com menjelaskan bahwa sebuah studi yang dilakukan oleh periset Irlandia dan dilaporkan dalam jurnal “BMC Gastroenterology” April 2008 membahas hubungan antara acid reflux dan hipertensi. Periset menemukan bahwa orang-orang dalam penelitian ini dengan refluks asam memiliki tekanan darah sistolik dan diastolik yang lebih rendah.

Penyakit asam lambung dan hipertensi memiliki banyak faktor risiko yang sama. Obesitas, diabetes, merokok dan kehamilan semuanya dapat meningkatkan peluang Anda terkena tekanan darah tinggi dan penyakit asam lambung. Untuk lebih memastikan, Anda bisa memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit.

Dan kesimpulannya jelas bahwa penyakit asam lambung tidak bisa menyebabkan tekanan darah naik. Untuk membantu menghindari ke-2 jenis penyakit ini Anda bisa memperhatikan asupan makanan sehat dan melakukan pola gaya hidup sehat.

Semoga artikelnya bermanfaat 🙂

Baca juga artikel lainnya :

Manfaat getah gambir untuk penyakit lambung

Posted by Obat Asam Lambung Herbal

Penyakit Asam Lambung Tidak Menyebabkan Hipertensi

Semoga bermanfaat, Lika & share yaa 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial