Makanan Minuman Penyebab Perut Kembung

Selamat datang di webiste www.ObatAsamLambungTerbaik.com, merupakan satu-satunya Agen Resmi penyedia produk obat herbal asam lambung dan berbagai penyakit lambung lainnya yang telah diakui sebagai Toko Online yang AMAN dan TERPERCAYA sebagai Distributor Herbal Terbaik di Indonesia.

Sebagai bukti kesungguhan, kami siap melayani pemesenan ke-seluruh Indonesia dengan ketentuan menarik bagi Anda yaitu ā€ BISA KIRIM BARANG TERLEBIH DAHULU, SETELAH BARANG SAMPAI BARU TRANSFER PEMBAYARAN !


9 Makanan & Minuman Yang Menyebabkan Perut Kembung

9 Makanan & Minuman Yang Menyebabkan Perut Kembung

Makanan Minuman Penyebab Perut Kembung – Siapa yang tidak pernah mengalami perut kembung ? Beberapa orang atau Anda mungkin pernah mengalami gangguan pencernaan satu ini. Perut kembung merupakan satu gangguan kesehatan umum yang hingga saat ini banyak dialami oleh semua kalangan dari anak-anak hingga yang sudah lanjut usia.

Baca juga :

Perut kembung sendiri adalah gangguan pencernaan dimana penderita merasa perutnya tidak nyaman karena terasa penuh, kencang dan bergas. Walaupun termasuk ke dalam gangguan yang tidak secara langsung dapat menyebabkan komplikasi berbahaya, namun jika kondisi perut kembung berlangsung terus menerus atau lebih lama dari biasanya, ini tentu dapat mengganggu aktifitas sehari-hari.

Mengkonsumsi makanan atau minuman yang salah dapat meningkatkan seseorang mengalami perut kembung, dan berikut ini berbagai jenis makanan dan minuman yang dapat menyebabkan perut kembung, diantaranya :

Kacang-kacangan

Makanan penyebab perut kembung pertama ialah kacang-kacangan. Kacang-kacangan mengandung protein dalam jumlah tinggi dan sehat karbohidrat. Kacang juga sangat kaya serat serta beberapa vitamin dan mineral yang umumnya baik untuk kesehatan lambung atau pencernaan.

Namun terlepas dari itu, kebanyakan kacang-kacangan mengandung gula yang disebut alpha-galactosides, yang termasuk dalam kelompok karbohidrat yang disebut FODMAP. FODMAP adalah karbohidrat rantai pendek yang terlepas dari pencernaan dan kemudian difermentasi oleh bakteri usus di usus besar. Gas adalah hasil sampingan dari proses ini.

Lentil

Lentil atau miju-miju adalah sejenis kacang lunak yang biasa dibeli dalam bentuk kering. Tidak seperti kebanyakan jenis kacang lainnya dalam keluarga kacang-kacangan, lentil tidak perlu direndam atau dimasak terlebih dahulu sebelum memasaknya.

Lentin diketahui mengandung protein, serat dan karbohidrat sehat yang tinggi, serta mineral seperti besi, tembaga dan mangan. Karena kandungan seratnya yang tinggi, mereka bisa menyebabkan kembung pada individu yang sensitif. Hal ini terutama berlaku untuk orang yang tidak terbiasa makan banyak serat. Seperti kacang, lentil juga mengandung FODMAP. Gula ini dapat menyebabkan produksi gas berlebihan dan kembung.

Minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi adalah penyebab lain yang sangat umum untuk perut yang kembung. Minuman ini mengandung sejumlah besar karbon dioksida, gas. Minuman ini bisa menyebabkan perut Anda kembung dengan mudah. Mengganti soda atau bir Anda dengan air mineral biasa mungkin dapat meredakan gejala perut kembung dengan cepat.

Makanan tinggi lemak

Tubuh Anda tidak dapat menyerap terlalu banyak lemak pada satu waktu, menurut ahli diet Jessica Anderson di Health.com. Oleh karena itu, makanan tinggi lemak dan gorengan bisa mengakibatkan perut kembung, bersamaan dengan gejala asam lambung. Jika Anda memperhatikan bahwa tinja Anda berwarna pucat ( steatorrhea ) yang disertai dengan gejala perut kembung, makan terlalu banyak makanan berlemak tinggi mungkin adalah penyebabnya.

Makanan olahan susu

Jika Anda menderita intoleransi laktosa, makanan olahan susu dapat menyebabkan perut menjadi kembung yang signifikan. Dengan kondisi ini, tubuh Anda tidak memiliki enzim yang diperlukan untuk memecah laktosa, gula yang ditemukan dalam susu, keju dan produk susu lainnya. Jika Anda mengalami kembung dan gas setelah makan gandum, gandum hitam atau jelai, masalahnya kemungkinan adalah intoleransi gluten, protein yang ditemukan dalam ketiga butir ini.

Pemanis buatan

Permen karet, permen, dan makanan lain yang mengandung pemanis buatan seperti sorbitol dan aspartam tidak mudah dicerna oleh lambung dan memicu perut kembung. Hal tersebut diungkapkan oleh juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics Christine Gerbstadt.

Makanan pedas

Makanan pedas memang berfungsi untuk meningkatkan metabolisme dan membuat rasa lebih nikmat. Mengonsumsi makanan pedas memicu pelepasan asam lambung, yang bisa menyebabkan kembung.

Jamur

Makanan penyebab perut kembung selanjutnya ialah jamur. Jamur mengandung gula yang tidak dapat dicerna yang disebut raffinose yang bisa difermentasi di usus besar yang meningkatkan kontribusi terhadap pembentukan gas dan kembung.

Minuman olahraga

“Minuman olahraga bisa menjadi salah satu pilihan untuk merehidrasi tubuh pasca olahraga. Namun patut diingat kandungan gula dan pemanis dalam minuman itu bisa memicu perut kembung. Untuk rehidrasi, baiknya pilih air putih dan pisang. Silakan mengonsumsi minuman olahraga, tapi jangan berlebihan,” papar Chutkan.

Dan itulah beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat menyebabkan perut kembung. Tentunya terdapat juga berbagai jenis makanan dan minuman lainnya yang dapat menyebabkan seseorang memiliki perut kembung. Untuk lebih jelasnya tentang apa lagi makanan dan minuman lainnya, kami sarankan berkontasi dengan dokter šŸ™‚

Semoga artikelnya bermanfaat, terimakasih šŸ™‚

Sumber :

  • https://www.livestrong.com/article/304672-foods-to-avoid-to-reduce-stomach-bloating/
  • https://www.cheatsheet.com/health-fitness/foods-that-cause-stomach-bloat.html/?a=viewall
  • https://www.mindbodygreen.com/articles/top-foods-that-cause-bloating
  • http://health.detik.com/read/2016/05/02/113354/3201369/763/indeksfokus

Baca juga artikel lainnya :

Cara pengobatan tukak lambung secara alami

Posted by Spesialis Penyakit Asam Lambung

9 Makanan & Minuman Yang Menyebabkan Perut Kembung

Semoga bermanfaat, Lika & share yaa šŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial