Kopi Sebabkan Asam Lambung Naik, Mitos Or Fakta ?

Kopi Sebabkan Asam Lambung Naik, Mitos Or Fakta ?

Kopi Sebabkan Asam Lambung Naik, Mitos Or Fakta ?

Kopi Sebabkan Asam Lambung Naik, Mitos Or Fakta ?

Kopi Sebabkan Asam Lambung Naik – Meminum secangkir kopi di pagi hari atau di waktu tertentu memang menjadi kenikmatan bagi seorang pecinta dan penikmat kopi. Kebiasaan meminum kopi memang tidak hanya ada di Indonesia saja, di negera-negara lainpun kebiasaan ini seolah menjadi hal lumrah dan banyak digemari oleh berbagai kalangan.

Artikel lainnya :

Kopi sendiri diketahui memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh seperti mencegah penyakit batu empedu, mencegah depresi, meningkatan memori, mengurangi resiko diabetes, menurunkan resiko kanker, meningkatkan metabolisme tubuh, menurunkan resiko penyakit parkinson, meningkatkan kinerja dan performa dan lainnya.

Namun, bagi Anda yang memiliki penyakit asam lambung ada baiknya Anda menghindari kopi. Mengapa ? Laman livestrong.com menjelaskan bahwa kopi dapat mengiritasi asam refluks dengan merangsang sekresi asam lambung yang berlebihan.

Bagaimana pengaruh kopi terhadap penyakit asam lambung ?

Kafein yang menjadi kandungan utama dari kopi diidentifikasi sebagai pemicu umum untuk sakit maag. Kafein dapat memicu gejala GERD karena dapat melemaskan otot LES.

Namun, masalahnya tidak begitu jelas karena bukti yang bertentangan dan perbedaan yang signifikan dalam kedua jenis minuman. Bahkan, menurut Gastroenterologi dan Hepatologi, tidak ada penelitian telah mampu menyimpulkan bahwa kafein adalah pemicu definitif untuk gejala GERD.

Selanjutnya menurut University of Illinois, minuman seperti dengan dan tanpa kafein dapat sama-sama memicu naiknya asam lambung. Ini berarti bahwa sensitivitas kafein dapat bervariasi secara individual, dengan faktor-faktor lain dalam kopi dan teh mungkin memberikan kontribusi untuk gejala penyakit asam lambung tinggi.

Kafein dalam kopi mengangkat hormon stres kortisol, epinefrin (juga dikenal sebagai adrenalin) dan norepinefrin. Hormon ini bertanggung jawab untuk peningkatan denyut jantung, peningkatan tekanan darah, dan rasa “peringatan darurat”. Darah dialihkan dari sistem pencernaan yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Kafein dalam kopi juga dapat mengganggu metabolisme GABA. GABA (gamma-aminobutyric acid) adalah neurotransmitter yang secara alami diproduksi di otak dan sistem saraf serta saluran pencernaan. Hal ini memainkan peran penting dalam suasana hati dan stres manajemen dan memberikan efek menenangkan pada saluran pencernaan.

Lebih lanjut lagi laman healthy.net menjelaskan hubungan antara kopi dan peningkatan asam lambung, diantaranya :

  • Kopi telah terbukti menurunkan tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah, memberikan kontribusi untuk gastroesophageal reflux. Hal ini menunjukkan bahwa kopi dapat baik menyebabkan atau memperburuk mulas pada individu yang rentan terkena penyakit asam lambung.
  • Kopi dapat merangsang hipersekresi asam lambung. Kopi tanpa kafein telah terbukti dapat meningkatkan keasaman baik kopi biasa atau kafein saja.
  • Kopi cenderung mempercepat proses pengosongan lambung, yang dapat mengakibatkan isi perut sangat asam lewat ke dalam usus kecil lebih cepat dari biasanya. Hal ini dapat menyebabkan cedera jaringan usus.

Baca juga : QnC Jelly Gamat

Dari keterangan diatas, bisa disimpulkan bahwa memang faktanya bahwa kopi dapat menyebabkan asam lambung naik. Terimakasih, semoga informasinya bermanfaat 🙂

Baca juga artikel lainnya :

Gastric Health Tablet

Cara Menghentikan Cegukan Berkepanjangan

Makanan Sehat & Tidak Sehat Bagi Penderita Tukak Lambung

Posted by Obat Asam Lambung Terbaik

Kopi Sebabkan Asam Lambung Naik, Mitos Or Fakta ?

Semoga bermanfaat, Lika & share yaa 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial