Jenis Dan Macam-Macam Penyakit Lambung Pada Manusia

Jenis Dan Macam-Macam Penyakit Lambung Pada Manusia

Jenis Dan Macam-Macam Penyakit Lambung Pada ManusiaJenis Dan Macam-Macam Penyakit Lambung Pada Manusia – Setelah pada artikel sebelumnya pernah kami bahas tentang pengertian lambung pada manusia, nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas apa saja jenis dan macam-macam gangguan penyakit yang dapat menyerang pada lambung.

Lambung adalah penting organ dalam tubuh. Hal ini memainkan peran penting dalam pencernaan makanan, melepaskan berbagai enzim dan juga melindungi usus yang lebih rendah dari organisme berbahaya.

Artikel lainnya :

Gastropati adalah istilah umum yang digunakan untuk penyakit lambung. Banyak penyakit lambung yang berhubungan dengan infeksi. Secara historis, secara luas diyakini bahwa lingkungan sangat asam lambung akan menjaga perut kebal dari infeksi . Namun, sejumlah besar penelitian telah menunjukkan bahwa kebanyakan kasus sakit maag, gastritis dan kanker lambung disebabkan oleh infeksi Helicobacter pylori.

Berikut ini berbagai jenis dan macam-macam penyakit pada lambung dari yang mulai berkategori umum sampai kategori lebih berbahaya seperti kanker, diantaranya :

Penyakit maag

Penyakit maag adalah salah satu jenis penyakit lambung yang paling sering dialami oleh hampir semua orang. Penyakit ini terjadi ketika adanya luka atau peradangan di daerah lambung. Peradangan pada lambung ini kemudian menyebabkan penderitanya mengalami perih atau panas bagian di tengah lambung.

Sampai tahun ini, data penderita penyakit maag di Indonesia menurut WHO pada tahun 2012, angka kejadian gastritis atau maag mencapai 40,8 persen. Yang harus Anda ketahui ialah bahwa penyakit maag yang sudah parah dikategorikan sebagai penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan kematian.

Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

Penyakit asam lambung adalah kondisi dimana terjadinya kenaikan atau peningkatan asam lambung menuju esofagus. Esofagus atau kerongkongan adalah tabung (tube) berotot pada vertebrata yang dilalui sewaktu makanan mengalir dari bagian mulut ke dalam lambung.

Peningkatan asam lambung ini disebabkan oleh tidak berfungsinya lower esophageal sphincter (LES). LES adalah lingkaran otot pada bagian bawah dari esofagus. Ada berbagai alasan mengapa produksi asam lambung dalam tubuh bisa meningkat dari mulai karena asupan obat-obatan kimia seperti aspirin dan ibuprofen, konsumsi alkohol yang berlebihan, penyakit tertentu, seperti gagal ginjal, infeksi virus dalam sistem kekebalan tubuh yang lemah, gaya hidup tidak sehat, makanan yang tidak sehat dan refluks empedu.

Penyakit gastritis

Gastritis adalah peradangan pada dinding lambung atau mukosa lambung. Ini bukanlah penyakit, namun sebuah kondisi yang disebabkan oleh beragam faktor yang berbeda, seperti konsumsi alkohol berlebihan, stres, muntah-muntah yang kronis, atau obat-obatan tertentu, https://www.docdoc.com/id/info/condition/gastritis. Didasarkan pada manifestasi klinis, gastritis dapat dibagi menjadi akut dan kronik.

Baca juga : Cara menyembuhkan penyakit gastrik

Pada sebagian penderita gastritis, gejala bisa muncul dan berupa rasa nyeri atau ngilu pada perut bagian atas, mual, muntah, serta kehilangan nafsu makan. Dan pada kasus gastritis yang terbilang parah, yaitu akibat terjadinya pengikisan dan pendarahan pada lapisan lambung. Gejala yang timbul bisa berupa tinja berwarna merah atau hitam dan muntah darah.

Penyakit gastroparesis

Gastroparesis adalah gangguan yang terjadi ketika lambung terlalu lama tidak menerima makanan. Gangguan ini, juga dikenal sebagai tertunda pengosongan lambung, merupakan akibat dari otot lemah atau tidak normal di dalam perut. Hal ini dapat disebabkan oleh kerusakan pada saraf vagus, yang mengatur sistem pencernaan.

Diyakini bahwa saraf vagus, yang mengontrol pergerakan makanan melalui saluran pencernaan, menjadi rusak dan menyebabkan makanan untuk dicerna lambat. Gejala-gejala gastroparesis dapat berkisar dari ringan sampai berat diantaranya nyeri perut bagian atas, mual, muntah, mulas, kehilangan selera makan, kembung, dan perasaan kenyang walaupun hanya makan sedikit.

Penyakit gastroenteritis

Penyakit gastroenteritis juga dikenal sebagai infeksi diare, adalah peradangan dari saluran pencernaan yang melibatkan lambung dan usus kecil. Tanda dan gejala termasuk beberapa kombinasi dari diare , muntah , dan perut nyeri. Demam , kekurangan energi, dan dehidrasi juga dapat terjadi. ini biasanya berlangsung kurang dari dua minggu.

Gastroenteritis dapat disebabkan oleh infeksi oleh virus , bakteri , parasit , dan jamur. Penyebab paling umum adalah virus. Diperkirakan 3-5000000000 kasus gastroenteritis yang mengakibatkan 1,4 juta kematian terjadi secara global setiap tahun. Pada tahun 2011, mereka yang berusia di bawah usia lima tahun, ada sekitar 1,7 miliar kasus yang mengakibatkan 0,7 juta kematian.

Penyakit dispepsia

Dispepsia atau dikenal juga dengan gangguan pencernaan adalah kondisi umum dan biasanya menggambarkan sekelompok gejala bukan satu gejala dominan. Dispepsia biasanya disebabkan oleh asam lambung datang ke dalam kontak dengan mukosa dari sistem pencernaan-lapisan pelindung sensitif dari sistem pencernaan. Asam lambung memecah mukosa, menyebabkan iritasi dan peradangan, yang memicu gejala gangguan pencernaan.

Bersendawa, mual dan perasaan kembung adalah gejala umum dari dispepsia. Kebanyakan orang dengan gangguan pencernaan merasakan sakit dan ketidaknyamanan di daerah perut atau dada. Sensasi umumnya muncul segera setelah mengkonsumsi makanan atau minuman. Dalam beberapa kasus gejala dapat muncul beberapa waktu setelah makan. Beberapa orang merasa kenyang saat makan, bahkan jika mereka tidak makan banyak.

Penyakit tukak lambung

Penyakit tukak lambung adalah kondisi yang mengacu pada luka menyakitkan atau borok di lapisan lambung atau bagian pertama dari usus kecil, yang disebut duodenum. Beberapa gejala tukak lambung yang dapat Anda kenali seperti mual, muntah, kehilangan selera makan, penurunan berat badan dan dalam kasus yang parah dapat terjadi pendarahan di perut atau duodenum.

Baca juga :

Penyakit tukak lambung terjadi ketika asam yang membantu Anda mencerna makanan merusak dinding lambung atau duodenum. Penyebab paling umum adalah infeksi dengan bakteri yang disebut Helicobacter pylori. Penyebab lain adalah penggunaan jangka panjang obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID) seperti aspirin dan ibuprofen.

Penyakit polip lambung

Penyakit polip lambung adalah massa sel yang terbentuk pada lapisan dalam lambung Anda. Polip ini jarang terjadi dan biasanya tidak menyebabkan tanda-tanda atau gejala. Polip lambung paling sering ditemukan saat dokter sedang memeriksa Anda untuk penyakit tertentu ( tidak disengaja ). Pada umumnya, polip lambung tidak akan menjadi kanker. Namun jenis tertentu dari penyakit polip lambung ini dapat meningkatkan risiko penderitanya memiliki kanker lambung di masa depan.

Peradangan lambung kronis yang dikenal sebagai gastritis dapat menyebabkan terbentuknya polip hiperplastik dan adenoma. Tanda dan gejala polip lambung meliputi rasa sakit atau nyeri saat Anda menekan lambung Anda, mual, terdapat darah dalam tinja Anda dan anemia.

Penyakit kanker lambung

Dan jenis penyakit lambung yang terakhir ialah penyakit kanker lambung. Kanker lambung terjadi ketika sel-sel kanker terbentuk pada lapisan lambung. Kanker jenis ini biasanya tidak menimbulkan gejala sampai tahap akhir, sehingga sering tidak terdiagnosis. Kanker lambung adalah penyebab paling umum ketiga kematian terkait kanker di dunia.

Kanker lambung terjadi ketika sel-sel normal yang sehat dalam sistem pencernaan bagian atas menjadi kanker dan tumbuh di luar kendali, membentuk tumor. Proses ini terjadi secara perlahan, sehingga kanker perut cenderung untuk mengembangkan selama bertahun-tahun.

Penyakit kanker lambung secara langsung terkait dengan tumor di lambung. Namun, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko terkena sel-sel kanker seperti limfoma (kelompok kanker darah), infeksi bakteri H. pylori, tumor di bagian lain dari sistem pencernaan, polip lambung (pertumbuhan abnormal dari jaringan yang terbentuk pada lapisan lambung), perokok dan usia diatas 50 tahun.

Itulah beberapa jenis dan macam-macam penyakit lambung pada manusia, semoga artikelnya menambah wawasan Anda.

Artikel lainnya :

Dikutip dari :

  • http://www.alodokter.com/
  • http://www.webmd.com/
  • http://www.mayoclinic.org/
  • http://www.healthline.com/
  • https://en.wikipedia.org/
  • http://www.medicalnewstoday.com/

Baca juga : Fungsi Lambung Pada Sistem Pencernaan Manusia

Posted by Obat Asam Lambung Terbaik

Jenis Dan Macam-Macam Penyakit Lambung Pada Manusia

Semoga bermanfaat, Lika & share yaa 🙂

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial