Ini Dia Rahasia Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Lambung Anda

Ini Dia Rahasia Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Lambung Anda

Rahasia Manfaat Puasa Untuk Kesehatan LambungRahasia Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Lambung

Manfaat puasa untuk lambung – Berpuasa baik itu pada bulan ramadhan atau bulan-bulan biasa merupakan ibadah yang lebih dikenal dalam agama islam. Selain harus belajar menahan lapar dan menahan nafsu sebagai salah satu syaratnya, ibadah puasa juga ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan termasuk kesehatan lambung.

Beberapa manfaat kesehatan dari puasa meliputi detoksifikasi, bantuan dari epilepsi, arthritis, obesitas, pankreatitis dan kesehatan kardiovaskular yang lebih baik. Ini juga membantu penyembuhan tubuh lebih cepat dan merangsang pelepasan hormon pertumbuhan dan anti penuaan.

Bila tidak ada makanan yang dikonsumsi oleh tubuh, tubuh beralih ke deposit lemak untuk energi, yang melepaskan zat kimia dari cadangan lemak dan mengakibatkan pembersihan bahan kimia. Dan setelah puasa, darah kemudian menjadi penuh dengan tingkat endorfin yang lebih baik.

Bagaimana manfaat puasa untuk kesehatan lambung ?

Puasa adalah satu-satunya periode di mana sistem pencernaan kita beristirahat dengan baik. Jadi seluruh sistem gastro-intestinal beristirahat dengan baik untuk pertama kalinya sepanjang tahun.

Esofagus beristirahat pada saat puasa karena tidak ada makanan yang memerlukan gerakan yang mendorong makanan ke perut. Demikian pula, perut dan usus juga beristirahat dengan baik. Bahkan kelenjar seperti pankreas dan kandung empedu yang mengeluarkan hormon juga mengurangi sekresi mereka karena tidak ada makanan untuk menuntut hormon mereka.

Menurut praktisi kesehatan Kota Medan, dr Umar Zein puasa ini bagus dikerjakan bagi mereka penderita maag untuk kesehatan lambung, karena selama puasa, lambung beristirahat penuh dari segala kegiatan pengolahan makanan. Dengan demikian, persoalan lambung yang biasa terganggu akan bisa teratasi.

Tidak hanya itu, puasa juga memiliki manfaat yang baik untuk membantu mengobati berbagai penyakit yang sering menyerang lambung seperti GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) atau penyakit asam lambung dan maag.

Dikutip dari laman health.liputan6.com, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr Radhiyatam Mardhiyah, dengan pembimbing Dr Ari Fahrial Syam, membagi 130 orang pasien GERD menjadi 2 kelompok, kelompok yang berpuasa dan kelompok GERD tidak berpuasa Ramadan. Dan mayoritas subjek penelitian adalah laki-laki berumur 53 tahun.

Ari Fahrial Syam mengatakan, pasien yang menjadi subjek ini telah menjalani pemeriksaan endoskopi, saluran cerna, dan sebagian besar memang pasien GERD. Satu keadaan penyakit GERD yang tidak ditemukan luka pada klep antara kerongkongan dan lambung.

Hasil penelitian diketahui, kelompok pasien yang berpuasa mengalami perubahan nilai GERD-Q, suatu parameter untuk menilai baik buruknya GERD. Ini terjadi lantaran mereka mampu mengontrol asupan makanan dan mulai mengurangi kebiasaan merokok dan kebiasan buruk lainnya. Maka kesimpulan dari penelitian tersebut ialah penderita GERD yang menjalani puasa Ramadan merasakan keluhan GERD lebih ringan saat berpuasa dibanding pada saat tidak berpuasa.

Namun, dengan berpuasa tidak serta merta Anda juga bebas mengkonsumsi makanan yang Anda mau, untuk penderita gangguan pada lambung ada baiknya mengkonsumsi jenis makanan sehat seperti buah dan sayuran sehat.

Terimakasih, semoga artikelnya bermanfaat 🙂

Baca juga artikel lainnya :

Cara mengobati maag pada ibu hamil

Cara menyembuhkan cegukan terus menerus

Posted by Obat Asam Lambung Tinggi Herbal

Ini Dia Rahasia Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Lambung Anda

Semoga bermanfaat, Lika & share yaa 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial