Beda Maag & Asam Lambung ( Gerd )

Beda Maag & Asam Lambung ( Gerd )

Mengenal Beda Antara Penyakit Maag & Asam Lambung ( Gerd )

Maag & Asam Lambung ( Gerd ) – Ke-2 jenis penyakit ini merupakan jenis gangguan yang dikategorikan sebagai penyakit umum yang dapat diderita oleh semua kalangan usia dari mulai anak-anak hingga lansia baik pria maupun wanita.

Walaupun banyak yang menganggap bahwa penyakit maag dan asam lambung merupakan penyakit sama. Namun ternyata ke-2 penyakit yang biasa menyerang lambung ini berbeda.

Penyakit maag

Seperti dilansir dari laman alodokter.com, sakit maag (indigestion) adalah istilah yang menggambarkan nyeri yang berasal dari lambung, usus halus, atau bahkan kerongkongan akibat sejumlah kondisi. Sebutan lain sakit maag adalah dispepsia.

Penyakit maag bisa dipicu akibat kebiasaan makan atau masalah pencernaan kronis yang memicu gangguan pencernaan dan menyebabkan beberapa gejala seperti sakit perut atau kembung. Selain itu, penyakit maag juga memiliki banyak penyebab termasuk kondisi medis, pengobatan, diet dan gaya hidup.

Maag sendiri terjadi ketika adanya peradangan, luka atau iritas yang terdapat pada bagian lambung dan kemudian menyebabkan beberapa gejala seperti diatas.

Penyakit asam lambung

Sementara itu, berbeda dengan penyakit maag, penyakit asam lambung yang dikenal sebagai GERD ini dapat dibedakan karena penyebabnya yaitu terjadi karena adanya kenaikan asam lambung. Penyakit yang juga menyerang lambung ini mempengaruhi sfingter esofagus bagian bawah (LES), cincin otot antara kerongkongan dan perut.

Artikel lainnya :

GERD terjadi ketika asam lambung atau kandungan lambung mengalir kembali ke kerongkongan. Kembalinya aliran asam lambung ini kemudian secara tidak langsung mengiritasi lapisan kerongkongan. GERD mempengaruhi orang-orang dari segala usia-mulai dari bayi hingga orang dewasa yang lebih tua.

Hampir sama dengan penyakit maag, penyakit asam lambung atau penyakit gerd ini biasanya menyebabkan beberapa gejala seperti :

  • Mual.
  • Sakit dada.
  • Batuk kering.
  • Perut kembung.
  • Kesulitan menelan (disfagia).
  • Cegukan yang sulit dihentikan.
  • Suara serak atau sakit tenggorokan.
  • Terasa adanya benjolan di tenggorokan.
  • Regurgitasi makanan atau cairan asam (acid reflux)
  • Rasa terbakar di lambung yang terkadang menyebar ke tenggorokan, disertai rasa asam di mulut Anda.

Lalu, bagaimana perbedaan antara penyakit maag dan penyakit asam lambung ini ?

Seperti yang telah kami sampaikan diatas, beda antara maag dan penyakit lambung ialah terlihat dari penyebabnya. Penyakit maag umum disebabkan oleh kebiasaan makan atau masalah pada sistem pencernaan, sedangkan penyakit asam lambung disebabkan oleh naiknya asam menuju kerongkongan.

Itulah perbedaan antara penyakit maag dan penyakit asam lambung. Namun perlu Anda ingat bahwasannya ke-2 penyakit ini hampir sama mempengaruhi bagian lambung dan pencernaan serta dengan gejala yang juga hampir sama. Untuk pengobatannya sendiri Anda bisa mengkonsumsi QnC Jelly Gamat ekstrak teripang emas dan ekstrak madu. 100 % alami dan berkhasiat tinggi !!!

Baca juga artikel lainnya :

Cara mengatasi perut begah secara alami

Cara menyembuhkan lambung bocor secara alami

Posted by Obat Asam Lambung Tinggi Alami Paling Ampuh

Mengenal Beda Antara Penyakit Maag & Asam Lambung ( Gerd )

Semoga bermanfaat, Lika & share yaa 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial