Bagaimana Stress Bisa Menyebabkan Asam Lambung Naik ?

Bagaimana Stress Bisa Menyebabkan Asam Lambung Naik ?

Bagaimana Stress Bisa Menyebabkan Asam Lambung Naik ?

Bagaimana Stress Bisa Menyebabkan Asam Lambung Naik ?

Benarkah Stress Bisa Menyebabkan Asam Lambung Naik ? Setelah pada artikel sebelumnya pernah kami bahas mengenai pantangan makanan bagi penderita asam lambung tinggi, nah pada kesempatan kali ini kami membahas faktor lain yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kenaikan asam lambung.

Sebenarnya banyak hal yang dapat memicu naiknya asam lambung seperti makanan dan gaya hidup yang tidak sehat. Sementara itu, faktor gaya hidup juga ternyata dapat memainkan peran penting dalam mempengaruhi kesehatan seorang individu.

Baca juga :

Sebuah studi pada tahun 2010 menunjukan bahwa survei kesehatan yang dilakukan pada lebih dari 40.000 orang Norwegia menemukan bahwa orang yang dilaporkan mengalami ” stres ” berhubungan erat dengan pekerjaan secara signifikan lebih berisiko untuk menderita gejala asam lambung tinggi. Sebuah penelitian yang lebih baru, yang diterbitkan di Internal Medicine, mewawancarai sekitar 12.653 orang dengan penyakit asam lambung dan menemukan bahwa stres hampir setengah dilaporkan sebagai faktor terbesar yang memburuk gejala mereka.

Walaupun kebanyakan orang yang mengalami stress dan memiliki asam lambung tinggi dapat memperburuk gejala, namun sebenarnya stres sendiri tidak tampaknya bukanlah satu-satunya penyebab kenaikan asam lambung ini. Hubungan antara stress dan asam lambung ialah stres dapat meningkatkan kesadaran Anda dan kepekaan terhadap ketidaknyamanan fisik dan iritasi jaringan yang kemudian menyebabkan persepsi gejala lebih sering.

Ada interaksi kompleks antara otak dan sistem pencernaan yang dapat dipengaruhi oleh stres berat atau sedang berlangsung. Penulis dari Desember 2001 ulasan artikel di “Gut” menjelaskan bahwa stres terus-menerus dapat menyebabkan perubahan otak yang mengubah persepsi nyeri, yang mengarah ke hipersensitivitas dan ambang nyeri yang lebih rendah. Dengan kata lain, stres dapat menyebabkan persepsi nyeri yang biasanya tidak akan terjadi. Hal ini didukung oleh fakta bahwa gejala refluks asam tidak selalu berkorelasi dengan tingkat tinggi asam dalam esofagus – tetapi stres dapat meningkatkan sensitivitas terhadap sejumlah kecil asam dalam esofagus.

Baca juga :

Sementara itu, para peneliti berteori bahwa stres dapat menyebabkan perubahan dalam otak yang muncul reseptor rasa sakit, membuat Anda secara fisik lebih sensitif terhadap kenaikan kecil dalam kadar asam. Stres juga dapat menguras produksi zat yang disebut “prostaglandin,” yang biasanya melindungi perut dari efek asam. Hal ini dapat meningkatkan persepsi ketidaknyamanan.

Mengurangi stres dapat membantu mengurangi gejala sakit asam lambung. Anda bisa mencoba beberapa tips ini untuk mengatasi stres :

  • Istirahat yang cukup.
  • Jangan merokok atau minum alkohol.
  • Olahraga. Olahraga dapat membantu mengurangi stres dan membantu pencernaan.
  • Membuat beberapa penyesuaian sikap. Cobalah untuk lebih menerima segala kekurangan pada diri Anda.
  • Tertawa. Menonton film yang lucu, pergi melihat pelawak, atau berkumpul dengan teman-teman. Tertawa adalah salah satu yang terbaik penghilang stres alami.

Source : http://www.livestrong.com/article/15597-can-stress-cause-acid-reflux/

Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi produk herbal berkualitas tinggi yaitu Gastric Health Tablet Green World ( 100 % HERBAL yang AMAN TANPA EFEK SAMPING ). Terbukti dapat menurunkan sekaligus mengobati penyakti asam lambung menurut beberapa kisah nyata, merupakan produk herbal khusus berbagai gangguan pada lambung dan maag, diakui dan tersebar di 20 NEGARA.

Info lebih lengkap dapat Anda baca pada link berikut ini, klik Harga Gastric Health Tablet Green World

Baca juga artikel lainnya :

Penyebab Asam Lambung Naik

Komplikasi & Bahaya Asam Lambung Tinggi

Benarkah Asam Lambung Yang Tinggi Bisa Menyebabkan Kematian ?

Posted by Obat Asam Lambung Terbaik

Benarkah Stress Bisa Menyebabkan Asam Lambung Naik ?

Semoga bermanfaat, Lika & share yaa 🙂

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial