9 Penyebab Sakit Perut Melilit

9 Penyebab Sakit Perut Melilit

www.Obatasamlambungterbaik.com – Solusi membantu sembuhkan asam lambung secara herbal dan secara bertahap membuat lambung Anda terasa lebih nyaman. Dapatkan berbagai informasi mengenai kesehatan lambung hanya di www.Obatasamlambungterbaik.com. BISA KIRIM BARANG DULU DAN JAMINAN UANG KEMBALI 100 %


Berbagai Penyebab Sakit Perut Melilit Yang Sering Anda Rasakan

9 Penyebab Sakit Perut Melilit
Source image : https://www.healthline.com/

9 Penyebab Sakit Perut Melilit – Sakit perut melilit adalah gangguan umum yang dapat dialami oleh semua orang termasuk mungkin oleh Anda. Kondisi gangguan kesehatan ini dapat terjadi sebagai akibat dari berbagai hal dan faktor tertentu.

Laman health.detik.com melalui dr Errawan Wiradisuria, SpB-KBD, M.Kes, konsultan bedah digestif (saluran cerna) dan laparoskopi di RSUP Persahabatan, mengatakan salah satu penyebab munculnya rasa sakit dan melilit di perut bisa jadi karena pergerakan usus yang terlalu cepat.

Anda menderita penyakit lambung atua maag ? Cepat obati yuks dengan produk herbal dari kami, KLIK DISINI

” Pergerakan usus yang terlalu cepat akan membuat orang mencret. Dampak lain yang bisa ditimbulkan dari pergerakan ini adalah perut bisa melilit dan sakit,” ujar dr Errawan yang juga berparktik di RS Premier Bintaro ini. Dijelaskan dr Agastjya, pergerakan usus setiap orang berbeda. “Pergerakan usus bisa cepat atau lambat. Normalnya usus manusia bergerak setiap 10-12 detik sekali,” ujar dr Agastjya.

Walaupun bukan termasuk kondisi yang memiliki dampak berbahaya secara langsung, namun tentunya jika sakit perut melilit yang Anda alami tidak kunjung sembuh, ini dapat menjadi pertanda bahwa Anda harus segera memeriksakannya ke dokter.

Dan bagi Anda yang ingin mengetahui berbagai penyebab dari sakit perut melilit, di bawah ini terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit perut melilit, diantaranya :

Pergerakan usus

Penyebab pertama yang dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit perut yang melilit ialah adanya gangguan pergerakan usus. Seperti yang telah kami singgung diatas, pergerakan usus yang terlalu cepat akan membuat orang mencret. Dampak lain yang bisa ditimbulkan dari pergerakan ini adalah perut bisa melilit dan sakit, ujar dr Errawan yang juga berparktik di RS Premier Bintaro.

Asupan makanan yang tidak sehat

Asupan makanan menjadi salah satu faktor munculnya berbagai jenis penyakit atua gangguan kesehatan termasuk perut yang terasa sakit melilit. “Ada beberapa makanan yang menyebabkan usus melilit tidak benar, misalnya makanan berminyak seperti gorengan, makanan bersantan, dan makanan berlemak seperti keju dan susu sapi full cream serta makanan-makanan bergetah lainnya,” tutur dr Agastjya.

Wanita yang sedang haid

Sakit perut melilit juga dapat disebabkan oleh faktor lainnya yaitu terjadi pada wanita yang sedang haid. Nyeri haid umumnya dirasakan sebagian wanita pada awal masa menstruasi. Sakit perut ketika haid sendiri termasuk umum dan biasa dialami oleh wanita yang sedang haid atau menstruasi. Pada beberapa wanita, rasa sakit di bagian bawah perut ini tidak begitu terasa hingga mereka tetap dapat beraktivitas seperti biasa. Namun sebagian lain merasakan nyeri yang tidak tertahankan hingga tidak mampu melakukan apapun.

Alergi makanan dan intoleransi

Alergi makanan dan intoleransi makanan adalah dua kondisi terpisah meski dipicu atau disebabkan oleh makanan. Pada alergi makanan, dinding usus menjadi meradang akibat aktivitas imun yang tidak normal (reaksi alergi) terhadap adanya makanan tertentu, misalnya penyakit celiac. Pada intoleransi makanan, sistem pencernaan tidak mampu mencerna makanan tertentu, misalnya intoleransi laktosa. Gejala mulai sebentar setelah makan pemicu makanan. Mual, diare dan kembung adalah gejala umum lainnya.

Sumbatan usus

Setiap penyumbatan di usus bisa menghalangi pergerakan makanan dan tinja. Ada banyak cara di mana terjadinya obstruksi usus. Pertama mungkin ada massa di dalam usus yang menghalangi lumen. Massa ini mungkin merupakan pertumbuhan abnormal dari dinding usus. Bisa juga benda asing yang mungkin sudah tertelan, pada akhirnya kondisi ini menyebabkan perut terasa melilit.

Kedua massa di luar usus bisa menekan usus sehingga menyebabkan penyempitan dan penyumbatan. Terakhir, kelemahan atau kelumpuhan beberapa otot usus dapat mencegah makanan dan kotoran bergerak lebih jauh.

Iritable Bowel Syndrome (IBS)

Iritable bowel syndrome (IBS) adalah gangguan usus fungsional dimana ada episode kram perut tanpa alasan yang jelas. Tidak ada proses penyakit yang mendasarinya, maka istilahnya fungsional. Tampaknya IBS adalah kelainan dengan pergerakan melalui perut dan ini bisa menyebabkan otot usus masuk ke kejang dan menyebabkan sakit perut.

Selain kram dan nyeri, ada juga perubahan kebiasaan buang air besar. Ini bisa berupa diare atau konstipasi. Seringkali kram perut atau nyeri terasa lega dengan buang air besar. Kram perut atau nyeri kadang-kadang bisa digambarkan sebagai nyeri yang melilit.

Batu empedu dan peradangan kandung empedu

Batu empedu adalah massa padat yang terbentuk dari empedu di kantong empedu. Ini adalah kondisi yang relatif umum dan cenderung mempengaruhi wanita paruh baya lebih sering. Bila batu-batu itu menempel di saluran empedu, bisa menyebabkan sakit kolik atau kolik biler.

Nyeri sering dirasakan di tengah perut bagian atas, di bawah tulang dada, dan mungkin juga terasa di punggung dan bahu kanan. Peradangan kantong empedu (kolesistitis) adalah kondisi lain dimana mungkin ada sejenis nyeri perut yang berputar. Peradangan ini mungkin karena batu empedu, infeksi atau penyebab lainnya.

Kehamilan ektopik

Kehamilan ektopik adalah kondisi serius yang bisa mengancam jiwa. Pada kehamilan ektopik, sel telur yang dibuahi tidak ditanamkan dalam posisi normal di dalam rahim, namun di tempat-tempat di luar rongga rahim. Tempat yang paling umum adalah di dalam tuba falopi. Rasa sakit akhirnya menjadi parah dan disertai pendarahan vagina. Mungkin juga ada sakit kepala dan nyeri bahu.

Gastroenteritis

Dan penyebab sakit perut melilit yang terakhir ialah gastroenteritis atau gangguan lambung. Tidak hanya sakit perut melilit, pada gangguan lambung ini juga sering ditandai oleh gejala lainnya seperti perut kembung. Kondisi ini disebabkan oleh virus, bakteri atau protozoa, atau toksin yang diproduksi oleh agen infeksius.

Sebagian besar virus, bakteri atau protozoa tersebut menyebar melalui makanan dan air yang terkontaminasi. Mual, muntah dan diare mungkin disertai nyeri perut yang sering digambarkan sebagai kram, meremas atau melilit adalah beberapa kondisi yang dapat dirasakan oleh penderita gangguan lambung.

Sumber :

  • www.healthhype.com/twisting-abdominal-pain-causes-and-other-symptoms.html
  • https://health.detik.com/read/2016/04/15/103203/3188618/763/saat-perut-tiba-tiba-terasa-sakit-melilit-ini-sebabnya

Anda menderita penyakit lambung atua maag ? Cepat obati yuks dengan produk herbal dari kami, KLIK DISINI

Baca juga artikel lainnya :

Obat perut kembung alami

Cara mengatasi mual karena penyakit maag

Cara mengatasi asam lambung naik ke dada

Posted by Cara Mengobati Asam Lambung Dengan Cepat

Berbagai Penyebab Sakit Perut Melilit Yang Sering Anda Rasakan

Semoga bermanfaat, Lika & share yaa 🙂

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial