8 Penyebab Mengapa Ulu Hati Terasa Sakit / Nyeri

8 Penyebab Mengapa Ulu Hati Terasa Sakit / Nyeri

8 Penyebab Mengapa Ulu Hati Terasa Sakit / Nyeri

8 Penyebab Mengapa Ulu Hati Terasa Sakit / Nyeri

Penyebab sakit ulu hati – Siapa yang tidak pernah merasakan nyeri pada bagian ulu hati ? Hampir semua orang baik itu anak-anak dan orang dewasa bahkan wanita hamil mungkin pernah merasakan sakit atau nyeri pada bagian ulu hati ini.

Baca juga :

Sakit ulu hati merupakan gangguan umum yang dapat dialami oleh siapa saja tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Dalam dunia medis, sakit ulu hati ini lebih dikenal dengan ” heartburn “.

Nyeri ulu hati ( heartburn ) adalah sensasi terbakar ( panas ) pada sekitaran dada yang sering diringi oleh perasaan pahit di tenggorokan atau mulut. Dalam ilmu medis, daerah ulu hati disebut dengan epigastrium. Letak ulu hati sendiri berada di bawah tulang dada dan di atas pusar, serta berada di antara tulang rusuk.

Lalu, apakah yang membuat ulu hati terasa sakit dan nyeri ?

Penyakit asam lambung. Pada kasus yang umum terjadi, sakit ulu hati biasanya disebabkan oleh gangguan yang berhubungan dengan lambung seperti penyakit asam lambung ( GERD ). Nyeri ulu hati akibat asam lambung ini terjadi ketika asam dari lambung naik sampai ke kerongkongan (pipa makanan) dan tenggorokan di mana hal itu menyebabkan rasa sakit dan terbakar ( panas ). Hal ini juga dikenal sebagai refluks asam.

Untuk mengetahui secara pasti apakah sakit ulu hati yang Anda alami ini disebabkan oleh penyakit GERD atau asam lambung, di bawah ini beberapa gejala atau ciri utama dari penyakit GERD selain nyeri ulu hati, diantaranya :

  • Mual
  • Muntah
  • Kembung
  • Kesulitan menelan
  • Bersendewa terus menerus

Sementara itu pada kasus lainnya, sakit ulu hati juga ternyata tidak hanya dapat disebabkan penyakit GERD ( penyakit asam lambung ), namun juga dapat disebabkan oleh kondisi lainnya yang dilansir dari laman rxlist.com, apa sajakah ?

Makanan dan minuman. Beberapa makanan diketahui dapat merangsang peningkatan sekresi asam lambung yang pada akhirnya menyebabkan nyeri si sekitaran ulu hati. Beberapa makanan tersebut diantaranya alkohol, kafein, minuman berkarbonasi, jus asam (jeruk, jeruk, nanas), makanan asam, cokelat, makanan berlemak dan makanan pedas.

Merokok. Merokok memiliki efek negatif mulai tidak hanya di paru-paru Anda, tetapi di seluruh saluran pencernaan. Merokok membuat perut untuk memproduksi lebih banyak asam, meningkatkan risiko asam lambung yang direfluks ke kerongkongan dan pada akhirnya menyebabkan ulu hati terasa nyeri.

Hernia hiatus. Penyakit hernia hiatus dapat mempengaruhi cara LES bekerja dan merupakan faktor risiko untuk penyakit asam lambung. Hiatus hernia sendiri tidak menimbulkan gejala. Hanya ketika LES gagal bekerja dengan baik, sakit ulu hati ini dapat terjadi.

Kehamilan. Kehamilan dapat menyebabkan peningkatan tekanan dalam rongga theabdominal dan mempengaruhi fungsi LES dan predisposisi untuk refluks.

Obesitas. Obesitas juga dapat menyebabkan peningkatan tekanan di perut, dan dengan demikian refluks dengan cara yang sama.

Esofagitis. Esofagitis adalah peradangan yang terjadi pada kerongkongan. Gangguan ini dapat menyebabkan berbagai gejala, termasuk kesulitan menelan, sakit tenggorokan, dan nyeri ulu hati.

Penyakit jantung. Dan penyebab sakit ulu hati yang harus diperhatikan lainnya ialah penyakit jantung. Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan tentunya harus segera diobati.

Pada kondisi jantung angina / serangan jantung, biasanya nyeri dirasakan pad bagian kiri dada, seperti ditekan benda berat. Rasa sakit biasanya menjalar ke leher, rahang, dan tangan kiri, disertai keringat dingin. Biasanya gejala timbul dipicu adanya stres fisik maupun emosional, dan pada kasus angina stabil membaik dengan istirahat, alodokter.com.

Itulah beberapa penyebab nyeri ulu hati. Untuk lebih mengetahui penyebab pasti dari sakit ulu hati yang Anda rasakan, Anda dapat memeriksakannya ke dokter. Semoga artikelnya bermanfaat, terimakasih 🙂

Baca juga artikel lainnya :

Gejala Penyakit Asam Lambung

Cara Mengobati Cegukan Terus Menerus

Posted by Obat Asam Lambung

8 Penyebab Mengapa Ulu Hati Terasa Sakit / Nyeri

Semoga bermanfaat, Lika & share yaa 🙂

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial